Rumah Makalah

Welcome to My Blog

Rumah Makalah

Hope My posts are beneficial

Rumah Makalah

Leave Comment, criticize me!

Rumah Makalah

I have to make improvement

Rumah Makalah

Anyway, Thanks for Visiting

Wednesday, 19 November 2014

RPP BAHASA INGGRIS BAB 5 KELAS 1 SMP KURIKULUM 2013













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMPN 2 Karang Baru
Mata Pelajaran          Bahasa Inggris
Kelas/semester            VII (tujuh)/ 1 (satu)
Materi Pokok              : 5. How Many Cats Do You Have?
Alokasi Waktu            24 JP (12xpertemuan)
A.     Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3
3.1    Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
3.5.1 Siswa mampu menyebutkan nama binatang, benda dan bangun publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan benar.
3.5.2  Siswa  mampu  menyebutkan   jumlah binatang, benda dan bangun publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan benar.
3.5.3 Siswa mampu mengidentifikasi nama binatang, benda dan bangun publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan benar.
3.5.4 Siswa mampu mendaftar nama binatang, benda dan bangun publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan benar.
3.5.5 Siswa mampu menghafal nama binatang, benda dan bangun publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan benar.

4.6   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.1         Siswa mampu mengkonstruksi kalimat pernyataan dan pertanyaan nama binatang, benda dan bangunan publik.
4.6.2        Siswa mampu merancang percakapan yang berisi nama dan jumlah binatang, benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6.3Siswa mampu mendemonstrasikan percakapan yang berisi nama dan jumlah binatang, benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.

C.     Materi Pembelajaran 
        Teks lisan dan tulis untuk  menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
a.       Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi.
b.      Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
·         It’s my cricket.
·         They are my cats. There are many fireflies in the farm., What is it?
·         Are they your toys? Which one is your book?
·         How many cows do you have?
·         The hospital is near the post office.
·         The police station is in the corner. dan semacamnya.
c.       Unsur kebahasaan
·         Nama benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches, mosquitoes.
·         Nama bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
·         Kata tanya What?Which one? How many?
·         Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
·         Kata ganti it, they, this, that, those, these.
·         Ungkapan There is/are..., Are there ...?
·         Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, go, play, get, take, dan sebagainya.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
d.      Topik
Benda, binatang, bangunan umum yang terdapat di lingkungan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku ramah lingkungan, percaya diri, dan tanggung jawab.

D.     Pendekatan/Metode Pembelajaran
·      Pendekatan      : Scientific Learning  (observing, questioning, experimenting, associating, commmunicating )
·      Model              : Problem Based Learning.

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
·         Gambar binatang
·         Gambar ruang kelas
·         Gambar kamar
·         Gambar ruangan dan benda-benda di dalam rumah
·         Gambar gedung
2.      Media Pembelajaran
·         LKS Zamrud Pendidikan Bahasa Inggris Kelas VII halaman 47 dan 63
·         When English Rings a Bell Kelas VII halaman 84-99

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
    Pertemuan 1
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menunjukkan gambar hewan dan meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa mengenai gambar tersebut dengan menanyakan:
v  What is the picture about?
v  What things do you see in the picture?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk mengucapkan nama-nama binatang di dlaam gambar tersebut dengan pengucapan yang benar.
·      Guru membimbing siswa untuk mencatat nama-nama binatang di dalam gambar tersebut.
·      Guru membimbing siswa untuk bermain game. Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Guru memberikan kertas yang berisi nama hewan kepada kelompok Pertama. Kelompok tersebut harus memilih seorang wakilnya untuk memperagakan gerakan hewan tanpa bersuara. Dan kelompok lain menebak nama hewan dengan cara menuliskannya di papan tulis. Jawaban yang benar adalah jawaban tercepat dengan penulisan nama hewan yang benar sesuai soal. Begitu seterusnya.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru menugaskan setiap siswa untuk menuliskan 20 nama binatang yang terdapat disekitar lingkungan manusia dan menghafalkannya.
3.      Kegiatan Akhir
·      Guru kembali menunjukkan gambar binatang dan meminta siswa untuk menyebutkan kembali dengan pengucapan yang benar.
10 menit

      Pertemuan 2
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting) Lanjutan
·      Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi bintang sesuai dengan ciri-ciri umumnya seperti tempat tinggal, makanan dan kegunaannya bagi kehidupan manusia. Misalnya:
Animal
Habitat
Meal
Function
Cow
Field
Grass
To eat the meat
Cat
House
Fish
To be a friend for human
60 menit
Mengasosiasi (Associating) Lanjutan
·       Guru memberikan siswa tabel seperti yang telah dicontohkan pada kegiatan Experimenting. Tugas siswa adalah mengisi tabel tersebut sesuai dengan 20 nama binatang yang telah mereka tulis pada pertemuan sebelumnya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Siswa membacakan hasil kerjanya satu persatu di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru kembali menunjukkan gambar binatang dan meminta siswa menyebutkan nama binatang, tempat tinggal, makanan dan fungsinya dengan pengucapan yang benar.
10 menit

    Pertemuan 3
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru meminta siswa untuk mendengarkan kalimat-kalimat yang guru bacakan. Guru membacakan kalimat tersebut 5 kali hingga hingga siswa dapat menangkap informasi dari kalimat tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa informasi apa yang mereka dapatkan dari kalimat yang telah dibacakan guru.
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk menebak binatang yang dimaksud oleh kalimat tersebut berdasarkan informasi yang dikumpulkan siswa.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru memberikan 5 binatang yang harus ditebak oleh siswa. Siswa membaca ciri binatang yang diberikan oleh guru dan menjawab soal dibuku latihan.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru kembali menunjukkan gambar binatang dan meminta siswa menyebutkan nama binatang, tempat tinggal, makanan dan fungsinya dengan pengucapan yang benar.
10 menit

    Pertemuan 4
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru memberikan gambar binatang dan meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa mengenai gambar tersebut:
v  How many cats in the picture?
v  How many rabbits in the picture?
v  How many dogs in the picture?
v  How many ducks in the picture?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk menyebutkan nama dan jumlah binatang-binatang yang terdapat di dalam gambar tersebut.
·      Guru menerangkan kepada siswa cara menuliskan dan menyebutkan nama binatang dalam jumlah banyak dengan penambahan –s/es dibelakang nama binatang tersebut.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru memberikan siswa gambar dan menugaskan siswa untuk menuliskan nama dan jumlah binatang yang terdapat di dalam gambar tersebut.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa bagaimana cara menyatakan jumlah binatang.
10 menit

     Pertemuan 5
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting)
·      Guru memberikan gambar benda dan meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa mengenai gambar tersebut:
v  What things do you see in this picture?
v  Can you mention things do you see in this picture?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk menyebutkan nama benda-benda yang terdapat di dalam gambar tersebut.
·      Guru membimbing siswa untuk membaca dan menuliskan dibuku catatan nama-nama bintang dan benda yang terdapat di halaman 48-49 LKS.
·      Guru membimbing siswa untuk mengklasifikasikan benda dan binatang yang terdapat pada gambar tersebut sesuai dengan tempatnya pada task 2 halaman 50 LKS.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan task 3 halaman 50 LKS secara individu.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa benda-benda apa saja yang telah mereka ketahui dari kegiatan pembelajaran tersebut.
·      Guru memberikan siswa tugas di rumah untuk menuliskan masing-masing sepuluh benda yang terdapat di ruang kelas, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur.
10 menit

    Pertemuan 6
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10   menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru minta siswa untuk membaca dan mengamati percakapan bergambar yang terdapat pada task 5 halaman 51 LKS.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa apa yang sedang dibicarakan di dalam gambar tersebut menggunakan kata-kata dan pemahaman siswa sendiri.
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk mengucapkan kata-kata di dalam percakapan tersebut dan menterjemahkannya.
·      Guru membimbing siswa untuk membaca dan menuliskan dibuku catatan task 6 halaman 51 LKS.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru membagi siswa dalam 4 kelompok dan menugaskan siswa untuk mngerjakan task 7 halaman 52 LKS serta menterjemahkannya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Setiap kelompok menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa cara menanyakan jumlah dan kepunyaan benda.
10 menit

Pertemuan 7
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru minta siswa untuk membaca dan mengamati percakapan pada task 10 halaman  53 LKS.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa apa yang sedang dibicarakan di dalam percakapan tersebut menggunakan kata-kata dan pemahaman siswa sendiri.
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk mengucapkan kata-kata di dalam percakapan tersebut dan menterjemahkannya.
·      Dengan bimbingan guru,  siswa menjawab soal pada task 21 halaman 53 LKS secara lisan.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru meminta siswa untuk mendengarkan task 10 halaman 53 LKS ang akan dibacakan oleh guru sebanyak 3 kali . Siswa ditugaskan untuk mengisi bagian yang kosong (Listening Test).
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa apa yang telah mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran hari itu.
10 menit

Pertemuan 8
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menunjukkan siswa gambar kamar benda-benda dan minta siswa untuk membaca dan mengamati letak benda-benda yang terdapat di dalam gambar tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada letak beberapa benda did alam gambar tersebut.
v  Where is the book?
v  Where is the blanket?
v  Where is the wardrobe?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
·      Guru membimbing siswa untuk membaca dan mencatat task 14 halaman 54 LKS.
·      Guru membimbing siswa untuk menyebutkan letak setiap benda yang terdapat di dalam gambar tersebut sesuai dengan panduan dari catatan siswa.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan memberikan setiap kelompok sebuah gambar. Siswa ditugaskan untuk menuliskan letak setiap benda di dalam gambar tersebut.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menunjuk benda-benda di dalam kelas dan menanyakan letaknya.
·      Guru menanyakan kepada siswa cara menyatakan letak benda.
·      Guru dan siswa mengambil kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 9
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10. menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru meminta siswa untuk mengamati dan membaca percakapan yang terdapat pada task 18 halaman 55 LKS.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan apa yang siswa pahami setelah membaca teks percakapan tersebut menggunakan pemahaman siswa sendiri.
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk mengucapakn kata-kata did alam percakapan tersebut dengan benar dna menterjemahkannya.
·      Guru meminta beberapa orang siswa secara berpasangan membacakan percakapan tersebut di depan kelas dengan pengucapan yang benar. Guru membimbing siswa yang masih memiliki kesalahan dalam pengucapan dan intonasi.
·      Dengan bimbingan guru, siswa menjawab soal pada task 19 halaman 56 LKS secara lisan.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan task 20 halaman 56 LKS.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru dan siswa mengambil kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 10
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
11. menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru meminta siswa untuk mengamati dan membaca percakapan yang terdapat pada task 21 halaman 57 LKS.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan apa yang siswa pahami setelah membaca teks tersebut menggunakan pemahaman siswa sendiri.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan task 22 halaman 57 LKS.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru dan siswa mengambil kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 11
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10   menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru meminta siswa untuk mengamati gambar bangunan publik yang ada disekitar siswa.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan bangunan apa saja yang dapat siswa temukan pada gambar tersebut.
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membimbing siswa untuk menemukan Bahasa Inggris dari bangunan publik yang ada pada gambar dan membimbing siswa untuk mengucapkannya dengan benar.
·      Guru membimbing siswa untuk menyebutkan kegunaan dari setiap bangun publik tersebut.
Mengasosiasi (Associating)
·      Guru membagi siswa ke dalaam empat kelompok. Guru memberikan setiap kelompok gambar bagun publik. Siswa menuliskan bangun publik tersebut dan menyebutkan kegunaannya.
Mengkomunikasikan (Communication)
·      Setiap kelompok membacakan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa bangun publik apa yang telah mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran tersebut.
·      Guru membagi siswa dalam 4 kelompok dan menugaskan setiap kelompok untuk membuat denah sekolah dikertas karton. Tugas ini dijadikan tugas projek dan dikerjakan selama dua minggu.
10 menit

Pertemuan 12
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10 menit

Menanya (Questioning) Lanjutan
·      Guru menanyakan kepada siswa banguan publik yang terdapat di kota dan di daerah tempat tinggal siswa serta kegunaannya.

Mencoba (Experimenting)Lanjutan
·      Guru membimbing siswa untuk mendaftar dan menuliskan bangunan-bangun publik yang terdapat disekitar lingkungan siswa.
Mengasosiasikan (Associating)Lanjutan
·      Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kegunaan dari bangunan publik yang telah didapatkan dari proses Experimenting serta menuliskan alamat bangunan publik tersebut.
Mengkomunikasikan (Communicating) Lanjutan
·      Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas.
2.    Kegiatan Akhir
·      Guru meminta siswa untuk menyebutkan bangunan publik disekitar lingkungan siswa.
·      Guru menanyakan apa yang siswa dapatkan dari kegiatan pembelajaran hari itu dan membuat kesimpulan.
10 menit





 G. Penilaian (instrumen terlampir)
1.    Penilaian sikap
2.    Penilaian pengetahuan
3.    Penilaian ketrampilan
 

 Mengetahui,                                                       Karang Baru, 4 Agustus 2014
Kepala SMPN 2 Karang Baru                                       Guru Pamong

  
Mursidah, S. Pd                                                   Juhairiyah, S. Pd
NIP. 19620116 198703 2003                              NIP. 19740710 200701 2005 


Guru PPL


Nurul Hidayani
NIM. 141100649








































Lampiran Penilaian
1.      Sikap
a.      Format Penilaian Sikap Individu
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI SIKAP (Skala 100)
RATA-RATA

OBSERVASI/PENGAMATAN SAAT KBM
PEN DIRI
PEN SJWT
JRNL
PREDIKAT
DISKRIPSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
RT-2
1




















2




















3




















4




















5






















1
Keterbukaan
7
Ramah Dengan Teman
2
Ketekunan Belajar
8
Hormat Pada Guru
3
Kerajinan
9
Kejujuran
4
Tenggang Rasa
10
Menepati Janji
5
Kedisiplinan
11
Kepedulian
6
Kerjasama
12
Tanggung Jawab
Interval
Keterangan
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
≤ 59
Kurang

b.      Format Penilaian Sikap Dalam Kelompok
A.    Teknik Penilaian          :
B.     Bentuk Instrumen       :
Kelompok                         :
Kelas                                 :
Materi Pokok                    :


No

Nama
Siswa

Perilaku yang Dinilai


Jumlah Nilai
Penguasaan Materi
Aktivitas
Kreatifitas
Kekompakan
1







2







3







4







5







6








Keterangan Aspek Penilaian
A   = Baik Sekali   = 4
B   = Baik             = 3
C   = Cukup          = 2
D   = Kurang         = 1
Kategori Nilai       = Jumlah Perolehan skor x 100
                                          Jumlah skor sikap

Baik sekali, bila memperoleh nilai             8,5 – 100
Baik, bila memperoleh nilai                       6,5 – 85
Cukup, bila memperoleh nilai                   5,5 – 6,4
Kurang                                          >          5,4

2.      Pengetahuan
My  name is Shanti there is a kitchen  in my house. My mother always cooks in the kitchen. It is not large but very clean. It is because my mother always  cleans it after she finishes cooking. There are kinds of cooking utensil in the kitchen. There is a gas stove. There are also two frying pans, two pans, three knives, one kittle, and two spatulas. There are also modern tools in the kitchen . there is  a rice cooker. Mother  uses it to cook rice. There is a blander. I sometimes make juice  using the blander. There is also an oven . my mother like making cake using the oven is to bake cake.
  1. What does shanti tell in the text ?
a.       Badroom
b.      Living room
c.       Dining room
d.      Kitchen
Answer : d
  1.  What does her mother  clean the kitchen ?
a.       When she cooks
b.      Before she cooks
c.       After she cooks
d.      After she eats
Answer : c
  1. How many frying pans are there is the kitchen ?
a.       Four            c. two
b.      Three          d. one
Answer : C
  1. Which one is not modern tool the kitchen ?
a.       Spatula             c. oven
b.      Blander             d. rice  cooker
Answer : a
  1. What does shanti’s mother uses to bake cake ?
a.       Pan                    c. blander
b.      Oven                 d. kettle
Answer :  b

Skor perbutir                          = 20
Skor maksimal                        = 20x5 = 100

3.      Keterampilan

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Mata Pelajaran                         : ………………………………….
Kelas                           : ………………………………….
Semesster                     : ………………………………….
Tahun Pelajaran           : ………………………………….

NO
NIS
NAMA
KELANCARAN
(30)
PRONOUNCIATION
(20)
GRAMMAR
(10)
PILIHAN KATA
(15)
ISI/KEJELASAN GAGASAN (25)

Total




































Lembar kerja Siswa
Pertemuan 1
Write 20 animals around you and memorize it!
Kunci Jawaban: Sesuai dengan 20 nama hewan dalam bahasa Inggris yang siswa tuliskan. Jawaban beragam.

Pertemuan 2
Write 20 animals in this table and identify their habitats, meals and functions!
Animal
Habitat
Meal
Function
1.



2.



3.



4.



5.



6. etc.



 Kunci Jawaban: Sesuai dengan identifikasi hewan yang siswa tuliskan. Jawaban beragam.

Pertemuan 3
Write the name of these animals!
1.      I am an enemy of human. Cat is also my enemy. It always pursues me and want to eat me.
2.      I am the King of the Jungle. I live in the jungle. I have beard. All animals are afraid of me.
3.      I live in sea. I am very big. I am the biggest fish in the sea. I am a mammal.
4.      I live on the wall. If you cut my tail, it can regrow. I like eating mosquitos.
5.      I live on plants. I like eating leaves. I am green like the leaves. My body is long, but I am small.
Kunci Jawaban:
1.      Mouse
2.      Lion
3.      Whale
4.      Lizard
5.      Caterpillar

Pertemuan 4
Look at the pictures below. How many animals do you see?
           Kunci Jawaban:
1.      One chick
2.      Three chicken
3.      Two mice
4.      Two horses
5.      One wolf
6.      Two cats
7.      Two tortoises
8.      Three rabbits
9.      Three ducks
10.  Two birds
11.  One snake
12.  Two cows

Pertemuan 5
With your friend, classify things in bedroom, bathroom, living room, dining room, kitchen, and garage!
Bedroom
Bathroom
Living room
Dining room
Kitchen
Garage




































Kunci Jawaban:
Bedroom
Bathroom
Living room
Dining room
Kitchen
Garage
Pillow
Scoop
Sofa
Glass
Pan
Car
Bolster
Towel
Television
Plate
Stove
Bicycle
Bed
Pail
Painting
Lamp
Frying pan
Motorcycle
Blanket
Soap
Vase
Bowl
Knife
Lamp
Wardrobe
Lamp
Carpet
Napkin
Spatula
Pump
Lamp
Tube
Lamp
Spoon
Lamp


Toothbrush

Fork
Kettle


Pertemuan 6
Do as the example!
Example
Pan-Kitchen
A: What is this?
B: This is a pan
A: Where do you find it?
B: I find it in the kitchen
1
Vase-Living room
A: What is this?
B: This is a vase
A: Where do you find it?
B: I find it in the living room
2
shovel-garden
A: What is this?
B: This is a shovel
A: Where do you find it?
B: I find it in the garden
3
Bailer-Bathroom
A: What is this?
B: This is a bailer
A: Where do you find it?
B: I find it in the bathroom
4
Plate-Kitchen
A: What is this?
B: This is a plate
A: Where do you find it?
B: I find it in the kitchen
5
Pomp-Garage
A: What is this?
B: This is a pomp
A: Where do you find it?
B: I find it in the garage

Pertemuan 7
Listen to the ext to fill in the blanks!
Glen Manuhutu is a (1) ... student. He always goes to school early by bicycle. He never forgets to bring his school (2) ...  . He always brings his favourite (3) ... . it has (4) ... colour. There are six note and text (5) ... in the bag. There are also a (6) ... and a pencil case in the bag. He keeps his writing (7) ... in the pencil case. There are two pencils and three (8) ... in the pencil case. He also puts a rubber and a (9) ... in the pencil case. Glen always keeps his school equipments well. He never (10) ... his friend’s writing utensils because his is complete.
Kunci Jawaban:
1.      Dilligent
2.      Equipments
3.      Bag
4.      Brown
5.      Books
6.      Ruler
7.      Utensil
8.      Pens
9.      Sharpener
10.  Borrows
Pertemuan 8
Look at this picture.
a.      Where is lamp?
b.      Where are books?
c.       Where is table?
d.      Where is blanket?
e.       Where are pillows?
Kunci Jawaban:
a.       The lamp is on the table.
b.      The books are on the table
c.       The table is beside the lamp
d.      The blanket is on the bed.
e.       The pillows are on the bed.

Pertemuan 9
Do as the example!
A: Where is the umbrella?
B: It is behind the door.
1.      A: Where are the balls?
B: They are in the basket
2.      A: Where is the dog?
B: It is under the table
3.      A: Where is the glass?
B: It is on the table
4.      A: Where is the pencil?
B: It is between the ruler and the book
5.      A: Where is the child?
B: He is under the tree

Pertemuan 10
Answer the questions according to the text!
1.      Whose bedroom is this?
2.      How many beds are there?
3.      What dose Luhut use the blanket for?
4.      Where does he put his bag?
5.      Why is his bedroom clean?
Kunci Jawaban:
1.      It belongs to Luhut Panjaitan.
2.      There are only one bed.
3.      He always covers his body with it.
4.      He puts his bag on the table
5.      Because he always clean it everyday.

Pertemuan 11
Look at this picture!
Write their names and functions!

Kunci Jawaban:
1.      A garden to plant plants
2.      A police station to report criminal case
3.      A supermarket to buy things
4.      A cinema to watch film
5.      A bank to save money
6.      A hospital to see the doctor

Pertemuan 12
Wite public places around you!

Kunci Jawaban: Jawaban beragam sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa.
sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com